Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
Blog Sang Pecinta Malam Lelananging Jagad

GOOGLE TRANSLATE....

Thursday, April 28, 2011

BAHAYANYA LOGAM MERCURI PADA TAMBANG EMAS




Air Raksa ( Mercury) ex Jerman ex Spanyol ex USA

AIR RAKSA / Hg / Mercury
contoh  kasus keracunan mercury

Tragedi Minamata

Sebenarnya, ada kasus pencemaran Mercury yang gaungnya sangat menghentak. Kasus ini disebut tragedi Minamata. Imbas dari industrialisasi di Jepang, membuat Teluk Minamata menjadi bak sampah raksasa. Logam berat mencemari teluk cantik itu, termasuk di dalamnya tercemar pula oleh Methyl Mercury. Tak kurang, penduduk dari dua wilayah di pesisir Minamata, yaitu Provinsi Kumamoto dan Kagoshima menjadi korban Mercury.

Padahal, di Minamata, Mercury terdeteksi sejak tahun 1956. Mercury Minamata ini merupakan limbah dari industri kimia Chisso Co Ltd. Meski telah terdeteksi, pihak perusahaan dan pemerintah Jepang saat itu seolah tutup mata. Nasi terlanjur menjadi bubur? begitu kata peribahasa, saat tahun 1968 penduduk di sekitar Minamata mengalami penyakit aneh.
Rata-rata dari mereka mengalami gejala sama yang khas, yaitu rusaknya sistem saraf, termasuk saraf otak. Rusaknya saraf otak ini menimbulkan gejala mati rasa (baal), ketidakseimbangan gerak pada tangan dan kaki, kelelahan, kuping berdenging, penglihatan menyempit, ketulian pendengaran, sulit bicara dan bergerak.
Selidik punya selidik, hal ini disebabkan konsumsi ikan dan kerang dalam jumlah besar oleh para penduduk di sekeliling Minamata. Diyakini, ikan dan kerang itu sudah tercemar Methyl Mercury. Bak kata pepatah, siapa menabur angin, maka akan menuai badai. Akibatnya dirasakan 10 tahun kemudian. Sekitar 17.000 lebih penduduk seputar Minamata mengalami keracunan.
Dari 2.262 penderita keracunan yang terdaftar di arsip pemerintah, 1.246 telah meninggal dunia. Pemerintah Jepang sendiri mengklaim bahwa jumlah penderita keracunan Mercury ini sebanyak 12.615 orang. Dan dari jumlah itu, 10.353 telah diberi santunan oleh Chisso Co Ltd.
Itulah hebatnya Merkury. Itu pun belum selesai. Generasi muda Minamata, ternyata mendapat tulahnya pula. Bayi-bayi yang lahir di era tersebut rata-rata mengalami penurunan intelegensia, cacat fisik, atau mutasi genetik. Penyakit-penyakit lain yang juga ada kaitannya dengan Mercury ini adalah penyakit kanker, ginjal dan hati.