Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
Blog Sang Pecinta Malam Lelananging Jagad

GOOGLE TRANSLATE....

Thursday, September 26, 2013

10 Cara buat baterai smartphone Anda dapat bertahan seharian dalam pemakaian.

Smartphone yang beredar di pasaran saat ini termasuk produksi perusahaan besar seperti Samsung, Apple, Nokia, Sony, HTC, maupun perusahaan yang lain rata-rata hadir dengan membawa sistem operasi dan spesifikasi terbaru.Sayangnya, OS ataupun spesifikasi seperti prosesor terbaru ini justru akan membuat daya baterai smartphone terkuras habis dalam waktu yang singkat.Tidak heran jika saat ini banyak pengguna smartphone yang harus membawa charger atau powerbank saat mereka keluar rumah.Akan tetapi sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat baterai smartphone agar kuat bertahan seharian meskipun tetap digunakan dengan intens.

Berikut 10 cara mudah buat baterai smartphone Anda dapat bertahan seharian dalam pemakaian.

1. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Smartphone terbaru saat ini kebanyakan telah mengusung fitur multitasking yang membuat pengguna dapat membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu.
Namun, terkadang banyak juga pengguna yang lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi yang baru mereka buka secara bersamaan, padahal aplikasi tersebut sudah tidak diperlukan lagi pada waktu itu.
Hal inilah yang menyebabkan daya baterai tiba-tiba drop meskipun kita tidak merasa menggunakannya.
Untuk menutup aplikasi ini, Anda cukup menggunakan fitur task killer di smartphone Anda.

2. Matikan GPS

Koneksi GPS (Global Positioning System) yang menyala di smartphone Anda juga menjadi salah satu faktor yang mengurangi daya baterai dalam waktu singkat.
Dengan mematikan GPS ketika fitur tersebut sedang tidak perlukan akan menghemat daya baterai Anda dengan efektif.

3. Non-aktifkan Bluetooth, WiFi, atau jaringan 3G/4G

Meskipun penggunaan Bluetooth ataupun WiFi tidak memakan daya baterai secara besar, namun menon-aktifkan fitur tersebut saat sedang tidak dibutuhkan juga dapat membantu baterai Anda bertahan sepanjang hari.
Selain itu, menon-aktifkan jaringan 3G ataupun 4G saat sedang tak digunakan juga terbukti ampuh akan membuat daya tahan baterai naik secara signifikan.

4. Kurangi jumlah notifikasi

Smartphone saat ini juga hadir di pasaran dengan menyediakan fitur sinkronisasi ke berbagai social media.
Untuk mengurangi jumlah notifikasi yang akan menghabiskan baterai untuk proses sinkronisasi, apalagi yang menggunakan sistem notifikasi real-time. Sebaiknya Anda membuat jadwal pengecekan dan pengiriman notifikasi dari social media dengan jeda yang lama, semisal setiap 2 atau 4 jam sekali untuk menghemat daya baterai smartphone Anda.

5. Hindari suhu panas

Menjauhkan smartphone kesayangan dari suhu panas semisal terkena paparan sinar matahari langsung atau menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu yang membuat prosesor bekerja keras juga ampuh membuat caya baterai Anda tahan lama dan tidak cepat habis.
Hal ini dikarenakan baterai telepon seluler pintar sendiri akan bekerja secara optimal jika digunakan di suhu normal atau cenderung dingin.

6. Matikan vibrasi atau tanda getar

Vibrasi memang sangat efektif digunakan untuk penanda adanya pesan atau telepon masuk, akan tetapi perlu Anda ketahui jika vibrasi atau tanda getar ini lebih menyedot banyak daya baterai dibanding dengan notifikasi suara atau ringtone.
Jadi matikan vibrasi atau tanda getar jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

7. Kurangi kecerahan layar

Mengurangi kecerahan layar memang menjadi cara paling efektif untuk menghemat daya baterai secara signifikan.
Untuk bisa mempertahankan daya baterai agar smartphone bisa menyala seharian sebaiknya selama seharian, gunakan lah kecerahan layar seminimal mungkin.

8. Perpendek waktu standby layar smartphone

Memperpendek waktu nyala atau waktu standby layar smartphone juga merupakan cara paling efektif untuk menghemat daya baterai smartphone.
Cara lain yang juga menerapkan sistem yang sama untuk menghemat baterai adalah dengan langsung menekan tombol kunci smartphone ketika Anda selesai menggunakan smartphone.

9. Matikan smartphone jika sedang tak digunakan

Mematikan daya smartphone jelas akan membuat daya baterai tidak akan terpakai sama sekali.
Cara ini sangat efektif menghemat daya baterai smartphone. Anda dapat mematikan smartphone saat dalam aktivitas ibadah daripada tetap membiarkannya dalam posisi standby yang juga masih memakan daya baterai.

10. Isi ulang daya baterai dengan benar

Saat ini ada terdapat dua jenis baterai yang beredar di pasaran yaitu Lithium-ion (Li-Ion), and Nickel-based.
Untuk baterai Nickel (NiCd) Anda harus mengisi baterai ketika dayanya habis dan harus diisi hingga dayanya benar-benar terisi penuh.
Sedangkan untuk baterai jenis Lithium-ion (Li-Ion), Anda dapat melakukan pengisian baterai meskipun daya baterai masih setengah penuh. Dan keunggulan dari baterai Lithium-ion (Li-Ion) ini adalah baterai ini bisa dicharge berkali-kali meskipun dayanya masih belum habis total, dan hal ini justru akan membuat baterai Li-Ion tetap dalam kondisi optimal.
(sumber: merdeka.com)