IWAN2REAL. Pertama-tama dari segi ekonomi makro Indonesia
sangatlah mengagumkan. Perekonomian negara ini secara konsisten telah berkembang
sebesar lima sampai enam
persen pada dua dekade terakhir. Jadi,
pada dasarnya Indonesia adalah negara yang berkembang dengan stabil untuk
memulai segala jenis bisnis
Sumber daya alam
melimpah di Indonesia – yang merupakan sumber daya alam terbesar ke-27 di dunia
pada 2010, adalah faktor lain yang dapat menjamin stabilitas ini. Perlu dicatat
bahwa Indonesia juga merupakan satu dari beberapa negara yang dapat bertahan dari
krisis global yang akhir-akhir ini
Tetapi, yang
lebih penting lagi sesungguhnya adalah basis target konsumennya yang besar.
Menurut laporan terakhir dari BCG Perspectives,
konsumen kelas menengah dan makmur (MAC) di Indonesia – orang-orang yang mampu
membeli produk-produk yang tahan lama dan barang-barang rumah tangga – akan
berkembang sebesar delapan sampai sembilan juta setiap tahunnya.
Mulai 2020,
akan ada sekitar 141 juta ‘MAC’ di negara ini. Laporan yang sama berpendapat, “Pada
saat itu, Pulau Jawa saja akan memiliki lebih banyak ‘MAC’ dibandingkan seluruh
populasi Thailand. Sumatra akan memiliki lebih banyak ‘MAC’ dibandingkan
gabungan populasi Malaysia dan Singapura.”
Terobosan-terobosan cerdas harus dimulai dan dikembangkan, baik pihak pemerintah maupun swasta dengan sistem dan perangkat
teknologi yang mereka miliki.
Perusahaan bidang teknologi sangat potensial.
Masih
ada banyak wilayah terbuka di Indonesia, terutama untuk perusahaan teknologi.
Di negara ini, teknologi merupakan sesuatu yang berpotensi untuk dikembangkan.
Hal
yang sama tidak berlaku untuk ekosistem teknologi di negara yang lebih maju
seperti Amerika. Di sana, Anda membutuhkan produk dan teknologi yang lebih
canggih untuk dapat bertahan hidup, tetapi Anda tidak membutuhkan hal tersebut
di sini, karena sejauh ini masih belum banyak pesaing yang lebih maju.
Perusahaan-perusahaan
Barat akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar di sini. Latar belakang
pengalaman dan pendidikan mereka akan memberikan keunggulan bagi mereka di
startup lokal.
Meskipun
banyak orang sudah mengetahui betapa pesatnya Indonesia akan bertumbuh, hanya
beberapa saja yang dapat benar-benar memahami dan berbuat sesuatu. bahwa sebelum mereka melakukan itu, mereka
seharusnya sudah mulai melakukan sesuatu di awal, dan menjadi penggerak
pertama.
Contohnya raksasa teknologi China saat ini sebagai
contoh sukses karena mereka adalah penggerak pertama – seperti Tencent yang
didirikan pada 1998.