Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

GOOGLE TRANSLATE....

Sunday, August 12, 2018

Pencerahan SULUK ( tasawuf ) : TINGKAT AWAL PERJALANAN MENUJU SELALU BERSATU DENGAN ALLAH.


ALLAH MAHA SUCI MAKA APABILA ANDA BERLARI KE ALLAH HARUS MENJADI HAMBA ALLAH YANG TAAT SERTA MELAKUKAN PERUBAHAN SUPAYA ANDA MEMILIKI SIFAT TERPUJI LAHIR-BATHIN DAN SELALU MENSUCIKAN DIRI, CARANYA ADALAH :

A.  CARA PERUBAHAN UNTUK MELENYAPKAN MENGHILANGKAN SIFAT-SIFAT BASYARIAH MANUSIA YANG BURUK DAN KOTOR. ADA 7 TEMPAT YAITU :

1. Latifatul-qolby yang letaknya dua jari dibawah susu sebelah kiri.
Di sini letaknya SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat syetan, iblis, kekufuran, kemusyrikan, ketahayulan dan lain-lain. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Selalu berdzikirullah sebanyak-banyaknya, Insya Allah pada tingkat ini diganti dengan Iman, Islam, Ihsan, Tauhid dan Ma’rifat. 

2. Latifatul-roh yang letaknya dua jari dibawah susu sebelah kanan.
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat bahimiyah (binatang jinak) menuruti hawa nafsu duniawi berlebihan. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah di isi dengan khusyu’ dan tawadhu’.

 3. Latifatus-sirri  yang letaknya dua jari diatas susu sebelah kiri.
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat syabiyah (binatang buas) yaitu sifat zalim atau aniaya, kejam, tega-an, pemarah dan pendendam. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat kasih-sayang dan ramah-tamah.

4. Latifatul-khafi letaknya dua jari diatas susu sebelah kanan.
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat pendengki, khianat dan sifat-sifat syaitoniyah jahat. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat syukur dan sabar.

5. Latifatul-akhfa letaknya ditengah-tengah dada
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat robbaniyah yaitu riya’, takabbur, ujub, suma’ , suka pamer, sombong. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ikhlas, khusyu’,tadarru dan tafakur.

6. Latifatun-nafsun-natiqo letaknya tepat diantara dua kening
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat nafsu amarah, banyak khayalan dan panjang angan-angan. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH : Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat tenteram dan pikiran tenang.

7. Latifah kullu-jasad letaknya diseluruh tubuh mengendarai semua aliran darah kita yang letak titik pusatnya di tepat ditengah-tengah ubun-ubun kepala kita.
Di sini letaknya SIFAT-SIFAT BURUK ROHANIAH YANG HARUS DIHILANGKAN : sifat-sifat jahil “ghaflah” kebendaan kemewahan duniawi dan kelalaian. HARUS DIGANTI SIFAT-SIFAT TERPUJI ROHANIAH :Kitabuat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ilmu dan amal.

B.  Setelah amalan diatas dilakukan terus-menerus atau selamanya maka Anda akan tersucikan jasmaniah Anda, kemudian melangkah UNTUK YANG LEBIH TINGGI DENGAN MENJALANKAN 4 AMALAN SECARA TERUS-MENERUS SELAMANYA, yang meliputi:

I.         Pertama, tazkiyah an nafs atau pensucian jiwa, artinya mensucikan diri dari berbagai kecenderungan buruk, tercela, dan hewani serta menghiasinya dengan sifat sifat terpuji dan malakuti.

II.        Kedua, tashfiyah al qalb, pensucian kalbu. Ini berarti menghapus dari hati kecintaan akan kenikmatan duniawi yang sifatnya sementara dan kekhawatirannya atas kesedihan, serta memantapkan dalam tempatnya kecintaan kepada Allah semata.

III.       Ketiga, takhalliyah as Sirr atau pengosongan jiwa dari segenap pikiran yang bakal mengalihkan perhatian dari dzikir atau ingat kepada Allah.

IV.       Keempat, tajalliyah ar Ruh atau pencerahan ruh, berarti mengisi ruh dengan cahaya Allah dan gelora cintanya.


DI PENJELASAN DIATAS ADA BANYAK JENIS DAN MACAM DZIKIR. SELAIN MENLENYAPKAN DENGAN DZIKIRULLAH HARUS DISERTAI BANYAK MELAKUKAN PUASA SUNAH SUPAYA CEPAT MEMBUKA HIJAB ATAU PENUTUP MATA HATI.

Sifat-sifat manusia terbagi jadi dua yaitu : Lahir dan Bathin.
Sifat lahir ialah yang berhubungan dan dilakukan dengan anggota jasmani, dan sifat bathin ialah berlaku dalam hati [rohani]. Sedang yang berhubungan dengan anggota lahiriyah juga terbagi dua: Yang sesuai dengan perintah syari'ah dan yang menyalahi perintah syari'ah yang berupa maksiat. Demikian pula yang berhubungan dengan hati juga terbagi dua: Yang sesuai dengan hakikat [kebenaran] bernama iman dan ilmu, dan yang berlawanan dengan hakikat [kebenaran] berupa nifaq dan kebodohan.


Sifat-sifat yang buruk [rendah] ialah: Hasad, iri hati, dengki, sombong, mengadu domba, merampok [korupsi], gila jabatan, ingin dikenal, cinta dunia, tamak, rakus, riya dan lain-lain.

Dan dari sifat-sifat buruk ini akan menimbulkan sifat permusuhan, kebencian, merendahkan diri terhadap orang kaya, menghina orang miskin, pandai menjilat, sempit dada, hilang kepercayaan terhadap jaminan Allah, kejam, tidak malu dan lain-lain.

Apabila seseorang telah dapat menguasai dan membersihkan diri dari sifat-sifat yang rendah, yang bertentangan dengan kehambaan itu, maka pasti ia akan sanggup menerima dan menyambut tuntunan Tuhan, baik yang langsung dalam ayat-ayat al-Qur'an dan yang berupa tuntunan dan contoh yang diberikan oleh Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam. Dan dengan demikian berarti ia telah mendekat kehadirat Alloh subhanahu wata'ala.

Sifat Ubudiyah [kehambaan] ialah mentaati semua perintah dan menjauhi semua larangan, mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan tanpa membantah dan merasa keberatan.

Ingatlah sesungguhnya Hakikatnya suluk yaitu,berusaha untuk membersihkan hati dari akhlaq yang tercela, lalu dihiasi dengan akhlaq yang baik dan terpuji, dan ini semua tidak akan berhasil kecuali mendapat pertolongan dari Alloh.