Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Doa Hamba Allah

GOOGLE TRANSLATE....

Wednesday, July 20, 2016

DOWNLOAD PTK



PTK TK, SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, MA
PROFESIONALISME :
Seorang yang mendeklarasikan dirinya professional pada semua bidang , maka harus memenuhi tiga persyaratan yakni:
  • Expertise, [keahlian]
  • Responsibility [tanggung jawab]
  • Corporate ness [kesejawatan/jiwa korsa]
Begitu membahas keahlian, maka tuntutan guru akan lebih profesional, karena proses belajar mengajar yang sering dilakukan dan dianggap paling utama hanyalah kegiatan yang bersifat mekanistik, dan static.

Proses belajar mengajar yang hidup dan bermakna, manakala terbuka untuk dievaluasi, dan selalu menerima jika ada perubahan.  Hanya perubahanlah yang akan memberikan kebermaknaan, dan mengantarkan siswa menjadi “takjub’. Kata seorang ahli, proses pembelajaran yang jarang di “update”, akan menjadi aktivitas yang membatu akhirnya menjadi fosil. Sebagai jawabannya, maka aktivitas yang harus dijadikan tumpuan adalah melakukan perbaikan belajar mengajar secara terus menerus [continus improvement], sedangkan aktivitas yang dikedepankan adalah melakukan penelitian terhadap proses pembelajaran. Aktivitas ini didahului dengan penelitian dan tindak lanjutnya, Inilah yang populer dengan, penelitian tindakan kelas yang disingkat dengan PTK.

PTK ialah kajian renungan ( reflektif  ) oleh pelaku tindakan , yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan - tindakan mereka dalam melaksanakan tugas , memperdalam pemahaman terhadap tindakan - tindakan yang dilakukannya itu , serta memperbaiki kondisi dimana praktek - praktek pembelajaran tersebut dilakukan.
Ada 4 tahapan dalam melaksanakan PTK :
MERENCANAKAN  ==> MELAKUKAN TINDAKAN ==> MENGAMATI ==> MEREFLEKSI.
Setelah dilakukan perenungan yang mencakup analisis , sintesis , penilaian hasil pengamatan proses dan hasil tindakan , biasanya akan muncul permasalahan baru yang perlu mendapat perhatian sehingga pada kesempatan berikutnya perlu dilakukan perencanaan ulang , tindakan ulang , pengamatan ulang  dan refleksi ulang. Demikian seterusnya sampai permasalahan pembelajaran dapat teratasi dan hasilnya sesuai target. 


EMPAT JENIS PTK:
-->
Terdapat empat jenis PTK, yakni:
  1. Diagnostik
  2. Partisipasi
  3. Empiris
  4. Ekperimental
   EMPAT MODEL PTK :
  1. Kurt Levin
  2. Stephen Kemmis, & Robin Mc Tanggart,
  3. Jhon Elliot, dan
  4. Dave Ebbutt.
TUJUAN  UTAMA  PTK   :

  1. Untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam menangani proses belajar mengajar , duu..s  bagaimana tujuan itu dapat dicapai.
  2. Untuk pengembangan ketrampilan guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi peberbagai permasalahan pembelajaran aktual yang dihadapi dikelas.
  3. Untuk menumbuhkan budaya penelitian dikalangan guru , sehingga proses layanan pendidikan diharapkan meningkat.
  4. Untuk sarana mekanisme Koreksi Diri yang merupakan salah satu karakteristik strategi profesionalisme suatu kerjaan.

DI BLOG INI BISA DI DOWNLOAD BEBERAPA PROPASAL PTK DAN PTK YANG JADI , SAYA HARAPKAN UNTUK LITERATUR DAN MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MENYUSUN PTK.  Dan saya tidak mendukung sarana untuk plagiator.
Untuk mendownload KLIK FILE.
 II. PROPOSAL PTK DARI BERBAGAI TINGKAT DAN PELAJARAN :
III. FILE PTK ADA TK/SLB , SD/MI , SMP/MTs, SMA/SMK/MA. 
IIIa. FILE  PTK TK DAN SLB :
IIIc. FILE PTK  SMP DAN MTs :
IIId. FILE PTK  SMA - SMK - MA :
Bersambung.....